Penyusunan Profil Best Practices PTSP Sintesa Model Pelayanan Perizinan Beyond PTSP 2015

SURVEI KEMANFAATAN PRODUK
PUSAT INOVASI PELAYANAN PUBLIK

LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

 

Judul : Penyusunan Profil Best Practices PTSP Sintesa Model Pelayanan Perizinan Beyond PTSP 2015

       

Peningkatan kualitas pelayanan publik khususnya pelayanan perizinan melalui  Sistem Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) selama ini belum dapat  memberikan hasil yang signifikan. Kondisi tersebut dapat dicerminkan bahwa dari kurang lebih 498 jumlah PTSP yang ada saat ini hanya sebagian kecil yang memiliki kinerja yang baik. Kondisi ini diperkuat dengan hasil penilaian tingkat kemudahan membuka usaha di Indonesia (Doing Business) yang selalu menunjukkan posisi Indonesia berada pada ranking terendah di kawasan ASEAN maupun di posisi internasional. Kondisi secara umum terkait dengan pelayanan perizinan adalah masih adanya prosedur yang masih berbelit-belit, tidak ada kepastian jangka waktu, biaya yang harus dikeluarkan, persyaratan yang tidak transparan, petugas yang tidak profesional, sehingga menimbulkan citra yang kurang baik terhadap pemerintah.
Berdasarkan kondisi tersebut, maka Pusat Inovasi Pelayanan Publik (PiPEL), Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara melakukan kajian penyusunan Profil Best Practices Pengelolaan PTSP dan Sintesa Model Pelayanan Perizinan Beyond PTSP. Kajian ini telah menghasilkan aspek-aspek utama yang dapat mendorong  pengelolaan PTSP memiliki kinerja yang tinggi dan dapat menjadi acuan bagi PTSP  yang masih memiliki kinerja rendah.
Aspek-aspek utama yang berpengaruh dalam keberhasilan penerapan PTSP selama ini adalah: (a) dasar hukum pembentukan; (b) bentuk kelembagaan; (c) pelimpahan kewenangan; (d) penggunaan IT; dan (e) dukungan dan komitmen pimpinan. Hal ini tentunya bisa menjadi pelajaran bagi seluruh Kepala PTSP khususnya dan pimpinan daerah dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan perizinan khususnya dan meningkatkan kinerja PTSP pada umumnya. Disamping itu, kajian ini juga telah menghasilkan alternatif model-model pelayanan perizinan beyond PTSP yang diharapkan dapat dijadikan referensi dalam mengakselerasi peningkatan kualitas pelayanan pelayanan perizinan kedepan.

SURVEI KEMANFAATAN PRODUK
PUSAT INOVASI PELAYANAN PUBLIK

LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

 

Judul : Penyusunan Profil Best Practices PTSP Sintesa Model Pelayanan Perizinan Beyond PTSP 2015      

Bapak/Ibu yang terhormat,

Kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi memberikan masukan dengan mengisi kuesioner berikut ini sebagai penilaian terhadap kemanfaatan produk. Bapak/Ibu/Saudara cukup menjawab dengan memberikan tanda (X) pada pilihan jawaban yang tersedia. Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan partisipasi Bapak/Ibu, semoga dapat menjadi masukan yang berharga bagi produk Pusat Inovasi Pelayanan Publik, Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara.

Nama *
(Nama Lengkap)
Jenis Kelamin: *
Perempuan Laki - Laki
Pendidikan Terakhir: *
 Lainnya :  
Wilayah Pengguna *
 L. Lainnya :