Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik

SURVEI KEMANFAATAN PRODUK
PUSAT INOVASI PELAYANAN PUBLIK

LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

 

Judul : Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik

       

Kami mengucapkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya, Pusat Inovasi Pelayanan Publik berhasil menyusun Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik Tahun 2016. Buku ini merupakan penyusunan Direktori Inovasi Administrasi Negara yang ke-3, setelah sebelumnya dilaksanakan pada tahun 2014 dan 2015. Direktori Inovasi Administrasi Negara disusun untuk mempermudah pencarian data dan informasi praktik terbaik inovasi dan sebagai upaya untuk meningkatkan innovation awareness di berbagai sektor.
Direktori Inovasi Administrasi Bidang Pelayanan Publik pada tahun ini mengarahkan fokus pada inovasi yang dilakukan oleh BUMN/BUMD. Hal ini dilakukan karena banyak pembelajaran yang bisa dipetik sektor publik dari inovasi yang telah dilakukan oleh sektor privat. Sektor privat lebih memaknai inovasi pada arah pengembangan usaha dan produk, hal ini sangat penting untuk menjaga eksistensi dalam mempertahankan dan memperluas pasar sehingga dapat memperoleh profit. Tetapi inovasi tersebut tetap bermuara pada kepuasan pelanggan, sehingga sektor publik bisa belajar dari peningkatan kualitas pelayanan yang dilakukan sektor privat.
Dokumentasi dalam memotret inovasi oleh BUMN/BUMD melalui Direktori Inovasi Administrasi Negara ini dilakukan melalui berbagai cara, seperti diskusi terbatas, seminar nasional, kunjungan langsung ke BUMN/BUMD terkait, serta pengumpulan data sekunder melalui internet, buku, majalah dan literatur lainnya. Diskusi terbatas dilakukan dengan mengundang perwakilan dari BUMN/BUMD untuk mengetahui inovasi yang dilakukan.
Seminar nasional lebih diarahkan untuk mempertemukan sektor privat dengan sektor lainnya sehingga terjadi sharing pengalaman inovasi. Kemudian kunjungan langsung ke BUMN/ BUMD ke berbagai daerah untuk melihat keberlanjutan dan perkembangan inovasi yang dilakukan. Dan pengumpulan data sekunder melalui internet, buku, majalah dan literatur lainnya dilakukan untuk mengidentifikasi data dan informasi inovasi lainnya oleh BUMN/ BUMD.
Desain Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik ini juga lebih disederhanakan sehingga fokus pada deskripsi inovasi, strategi pelaksanaan, kemanfaatan program dan prasyarat replikasi. Hal ini untuk mempermudah dalam memahami content inovasi yang dilakukan sehingga dapat menjadi referensi untuk menimbulkan inspirasi dalam mengembangkan inovasi.
Terima kasih kami ucapkan kepada semua pihak yang telah membantu tersusunnya Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik ini terutama dari sejumlah BUMN/BUMD yang telah bersedia memberikan data dan informasi tentang inovasi yang dilakukan. Semoga buku ini bermanfaat dan memberi nilai dalam pengembangan inovasi di Indonesia.

SURVEI KEMANFAATAN PRODUK
PUSAT INOVASI PELAYANAN PUBLIK

LEMBAGA ADMINISTRASI NEGARA

 

Judul : Direktori Inovasi Administrasi Negara Bidang Pelayanan Publik      

Bapak/Ibu yang terhormat,

Kami mohon kesediaan Bapak/Ibu untuk berpartisipasi memberikan masukan dengan mengisi kuesioner berikut ini sebagai penilaian terhadap kemanfaatan produk. Bapak/Ibu/Saudara cukup menjawab dengan memberikan tanda (X) pada pilihan jawaban yang tersedia. Kami mengucapkan terima kasih atas kesediaan dan partisipasi Bapak/Ibu, semoga dapat menjadi masukan yang berharga bagi produk Pusat Inovasi Pelayanan Publik, Kedeputian Bidang Inovasi Administrasi Negara.

Nama *
(Nama Lengkap)
Jenis Kelamin: *
Perempuan Laki - Laki
Pendidikan Terakhir: *
 Lainnya :  
Wilayah Pengguna *
 L. Lainnya :